6 Manfaat Tanaman Geranium Yang Baik Untuk Kesehatan

Tanaman geranium adalah tanaman yang memiliki beragam warna cerah dan indah. Selain tanaman hias ternyata tanaman ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, berikut ulasannya:

1. Antiseptik untuk mengobati luka

Minyak geranium dapat digunakan sebagai cairan antiseptik pada luka. Ini karena minyak geranium memiliki sifat antibakteri, antiseptik, dan antijamur. Jadi segera mengoleskan minyak geranium ke luka dapat melindungi luka dari infeksi.

2. Meningkatkan daya tahan

Umumnya di musim pancaroba, cuaca berubah menjadi ekstrem. Bagi banyak orang, perubahan cuaca ekstrem dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti pilek, pilek, demam, batuk, dan sebagainya. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat.

6 Manfaat Tanaman Geranium Yang Baik Untuk Kesehatan
6 Manfaat Tanaman Geranium Yang Baik Untuk Kesehatan

Geranium mengandung antimikroba yang efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga sel-sel pertahanan tubuh bisa menjadi lebih kuat dan bisa menangkal mikroba dan racun.

3. Mempercepat pembekuan darah

Geranium dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada luka berdarah. Geranium memiliki khasiat untuk mencegah aliran darah dengan menghalangi pembuluh darah. Selain itu, sifat hemostatik geranium membuat proses pembekuan darah berlangsung cepat. Kemampuan ini sangat berguna dalam mencegah infeksi pada luka dan mempercepat penyembuhan luka.

4. Membantu mendetoksifikasi tubuh

Geranium juga memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan intensitas produksi urin oleh tubuh. Seperti yang kita ketahui, air seni adalah hasil metabolisme yang keluar dari tubuh bersama dengan bahan lain yang merupakan limbah dan racun bagi tubuh. Sehingga geranium mampu mengoptimalkan proses detoksifikasi dalam tubuh. Meski demikian, Anda harus banyak mengonsumsi air agar tidak mengalami dehidrasi dan mengganggu kinerja organ tubuh.

5. Menjaga sistem pencernaan dan jantung yang sehat

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa geranium memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan intensitas buang air kecil. Secara tidak langsung, ini berdampak positif pada sistem pencernaan dan jantung. Peningkatan urine berguna untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dan menghilangkan kelebihan gas di lambung, serta mengurangi kadar natrium dalam darah sehingga tekanan darah lebih terjaga.

6. Membantu relaksasi

Bagi Anda pecandu kerja milenial yang selalu pulang kerja dengan kondisi tubuh yang sangat lelah dan pegal-pegal, Anda dapat menggunakan minyak geranium untuk relaksasi. Minyak esensial geranium juga dapat digunakan sebagai antidepresan yang dapat meredakan ketegangan, stres, kecemasan, untuk membuat pikiran dan tubuh lebih rileks.