12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Mengobati Demam Berdarah

Pepaya adalah salah satu buah yang akrab bagi masyarakat Indonesia. Rasa yang lezat, baik yang dikonsumsi langsung maupun yang diproses terlebih dahulu, membuat banyak orang menyukainya. Berkat manisnya, buah ini yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko lebih disukai oleh orang-orang daripada bagian lain, seperti daunnya.

Banyak orang sudah tahu kandungan dan manfaat buah pepaya. Buah yang kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim berkhasiat untuk melancarkan buang air besar dan diet. Selain buahnya, daun pepaya juga dapat dikonsumsi dan diolah menjadi menu yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selain lezat saat dimasak, manfaat daun pepaya juga penting untuk kesehatan manusia. Namun sayangnya, belum banyak yang tahu manfaatnya.

12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Mengobati Demam Berdarah
12 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, Salah Satunya Untuk Mengobati Demam Berdarah

Memang, rasa pahit akan langsung menyerang lidah kita segera setelah daun pepaya dikonsumsi. Tapi, di balik rasanya pahit, daun pepaya mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek baik pada tubuh, seperti vitamin B1, A dan C. Daun pepaya mengandung berbagai nutrisi termasuk vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kalori per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, arang hidrat / karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram , dan air 75,4 gram per 100 gram.

Daun pepaya juga mengandung carposide yang bisa berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung kadar papain tinggi yang membuatnya terasa pahit, tetapi zat ini sebenarnya stomacic, yang dapat meningkatkan nafsu makan. Diam-diam dedaunan yang berbentuk seperti tangan manusia memiliki banyak manfaat. Nah, berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, beragam manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

Berkat kandungan nutrisinya, manfaat daun pepaya juga baik untuk kesehatan umum. Berikut ini adalah manfaat daun pepaya untuk kesehatan manusia.

1. Meringankan kram menstruasi

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang haid adalah dengan merebus satu daun pepaya dengan garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan sampai hangat dan minum. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksi di perut sehingga nyeri haid bisa segera diatasi. Untuk hasil yang optimal, minum daun pepaya rebus beberapa kali sehari.

2. Meningkatkan kehalusan ASI pada ibu menyusui

Bagi ibu yang menyusui saat mereka baru saja melahirkan anak, lebih baik mengganti suplemen atau vitamin yang tidak alami dengan mengonsumsi daun pepaya untuk meningkatkan kehalusan ASI mereka. Cara mendapatkan manfaat daun pepaya bagi wanita yang sedang menyusui, ternyata tidak harus dikonsumsi dalam bentuk ramuan herbal, tetapi bisa juga diolah dalam bentuk makanan rumahan. Untuk mengolahnya tentu saja harus dilakukan dengan pengolahan yang benar agar rasa pahit daun pepaya tidak terlalu terasa.

3. Untuk demam berdarah

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan adalah yang pertama untuk demam berdarah. Bahan aktif daun pepaya mengandung antimalaria dan demam berdarah. Cara memanfaatkan daun pepaya adalah dengan minum air matang. Rebus sekitar 5 daun pepaya hingga matang dan dinginkan sebelum diminum.

4. Memperbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan lebih lanjut adalah meningkatkan saluran pencernaan. Makan daun pepaya juga bisa memperlancar pencernaan. Ini bisa terjadi karena adanya zat karpin pada daun pepaya. Daun karpain sendiri dapat membasmi mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan.

5. Mencegah risiko kanker

Mencegah risiko kanker juga merupakan salah satu atau manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Ini karena daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, kandungan antioksidannya baik untuk menangkal radikal bebas, sehingga mengurangi risiko kanker

6. Obati jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah yang disebabkan oleh hormon. Jika Anda sudah mengobati jerawat, tetapi belum sembuh, coba rawat dengan daun pepaya. Cara memanfaatkan daun pepaya untuk kesehatan, yaitu, membuat masker dengan mencampurkan daun pepaya dan air dalam blender untuk membentuk pasta. Oleskan ke jerawat dan biarkan selama 15 menit.

7. Rambut sehat

Seringkali pepaya digunakan dalam produk kecantikan. Tidak hanya pepaya, daunnya juga bisa diseduh seperti teh dan digunakan sebagai campuran pada shampo. Ini berguna untuk membuat rambut berkilau dan kuat. Yup, kita harus meneliti manfaat daun pepaya untuk kesehatan, yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Kandungan yang terkandung dalam daun pepaya dapat menguatkan rambut ke kulit kepala. Kandungan Magnesium dalam daun pepaya dapat membantu mengurangi rambut rontok dan menguatkan rambut Anda. Tak heran, jika ada banyak produk perawatan rambut yang juga menambahkan ekstrak daun pepaya ke produk mereka.

8. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan lebih lanjut adalah membantu memperkuat daya tahan tubuh. Ini karena daun pepaya mengandung fitonutrien. Kandungan fitonutrien yang tinggi dalam daun pepaya dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker, penuaan, alergi, dan infeksi perut.

9. Kontrol tekanan darah

Cara memanfaatkan daun pepaya untuk mengendalikan tekanan darah, Anda bisa mengonsumsi daun pepaya rebus. Caranya, ambil 5 lembar daun pepaya, rebus dengan segelas air. Kemudian, biarkan air menguap sampai tetap sekitar 3/4. Setelah dingin, minumlah. Anda juga bisa menambahkan gula merah atau madu jika rasanya pahit.

10. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan daun pepaya kaya akan vitamin A, C, dan E adalah konten terbaik yang mampu menyehatkan kulit dan menjaga kelembaban. Cara memanfaatkan daun pepaya untuk kesehatan kulit dengan rajin mengonsumsi daun pepaya dalam makanan olahan dan minuman herbal. Beberapa produk kulit juga menambahkan ekstrak pepaya ke komposisi produk.

11. Menghambat peradangan pada luka.

Ketika mengalami luka bakar pada bagian kulit tubuh, jika tidak segera diobati dengan cara yang benar sering luka bakar akan mengalami peradangan seperti lebih banyak panas dan juga luka. Nah, kandungan papain dan chymopapain yang ditemukan di daun pepaya bisa menguranginya. Cara memanfaatkan daun pepaya, Anda bisa meletakkan beberapa daun pepaya yang sudah dicuci dan ditumbuk pada luka bakar di kulit Anda.

12. Mengurangi tekanan darah tinggi.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan lebih lanjut adalah mengurangi tekanan darah tinggi. Caranya, Anda bisa minum air rebusan daun pepaya sebanyak 5 lembar daun pepaya yang direbus hingga air mendidih lalu pisahkan air rebusan untuk diminum. Jika Anda tidak suka rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan sedikit madu.