7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat bersepeda sangat banyak, terutama untuk kesehatan. Bayangkan bahwa Anda menikmati angin dan lingkungan rumah di Area udara segar pada pagi atau sore hari tentu sangat menyenangkan, terutama jika Anda menikmatinya saat melakukan olahraga bersepeda, lebih banyak manfaat yang diperoleh. Berikut ulasannya berikut ini:

1. Membakar kalori cepat

Dengan bersepeda, Anda bisa membakar sekitar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang dan 400 kalori per jam jika kecepatan bersepeda mencapai lebih dari 16 km / jam. Sementara itu, jika bersepeda gunung melewati medan kasar selama 1 jam, Anda harus membakar kalori sebanyak 700 kalori. Anda bahkan dapat membakar lemak sebanyak 5 kg selama satu tahun hanya dengan bersepeda dalam waktu setengah jam setiap hari dengan kecepatan sedang.

7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

2. Meningkatkan kekuatan otot

Selama bersepeda akan aktif seluruh tubuh bergerak, mulai dari kaki berayun, sampai mata selalu waspada. Hal ini membuat anggota tubuh yang bersangkutan telah peningkatan aktivitas. Jika aktivitas tersebut dilakukan secara teratur, otot-otot akan menjadi lebih kuat dan lebih fleksibel.

3. Merawat sendi

Tidak hanya otot-otot, sendi seperti siku, lengan, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan juga akan dilatih dan lebih fleksibel hanya dengan bersepeda secara teratur.

4. Meningkatkan mood dan mengurangi stres

Saat bersepeda, tanpa Anda mengetahui tubuh Anda akan menghasilkan endorfin yang memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga diyakini untuk mengurangi rasa sakit. Dengan munculnya rasa nyaman di tubuh, tentu saja, secara otomatis Anda akan melupakan beban yang memiliki pikiran dilekati.

5. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Bersepeda dapat digolongkan sebagai latihan kardio, karena memicu kinerja jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah, memperkuat otot jantung dan menurunkan tekanan darah. penurunan tingkat kolesterol jahat akan meminimalkan risiko penyempitan pembuluh darah. Otot jantung akan dilatih, sehingga proses penyampaian darah dan oksigen ke seluruh tubuh lebih optimal. Jika kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular yang semakin baik, maka kurang risiko stroke, serangan jantung, atau tekanan darah tinggi.

6. Meningkatkan stamina

Selain digolongkan sebagai latihan kardio, bersepeda juga termasuk dalam jenis latihan dampak rendah, yang berarti tidak ada efek cepat lelah. Inilah yang membuat bersepeda dapat meningkatkan stamina, karena Anda bisa naik sepeda dengan waktu yang lebih lama daripada ketika melakukan aerobik atau berjalan membuat lebih mungkin untuk merasa lelah.

7. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Dengan duduk di pelana dan menaikkan kaki dari tanah naik sepeda, Anda semakin terlatih harus seimbang. Ketika menyalakan sepeda, otot-otot inti akan terlibat untuk membuat tubuh maju Anda tetap tegak. Sementara itu, badan koordinasi akan terbangun ketika Anda mengubah gigi atau menggunakan lengan dan kaki saat bersepeda.