Mahasiswa Indonesia Membuat Lengan Berbentuk Robot

Seorang siswa Pekanbaru, Riau bernama Anisa Ghaisani menciptakan robot tangan. Robot mini ini dibuat dengan memiliki tiga fungsi.

Anisa dari mahasiswa semester akhir Program Studi Teknik Mekatronika di Politeknik Caltex di Riau (PCR) menjelaskan bahwa robot yang ia buat adalah tugas terakhirnya yang merupakan salah satu syarat kelulusan.

Pembuatan Robot Mahasiswa ITS Siap Bersaing di Ajang RoboCup Kanada

“Robot ini dapat meniru gerakan pengontrol, lalu memindahkan objek dari satu titik ke 9 titik yang tersedia, dan ketiga menyimpan gerakan dan menampilkannya lagi,” kata seorang mahasiswa D3 (Diploma 3) PCR, baru-baru ini.

Mahasiswa Indonesia Membuat Lengan Berbentuk Robot
Mahasiswa Indonesia Membuat Lengan Berbentuk Robot

Wanita berjilbab ini menjelaskan, aplikasi lengan robot dapat dikembangkan untuk membantu aktivitas sehari-hari dalam benda bergerak.

“Robot ini juga akan dikembangkan untuk kebutuhan industri. Selain itu, robot ini dapat digunakan untuk menghibur dan mendidik anak-anak,” tambahnya.

Pembuatan Robot Mahasiswa ITS Siap Bersaing di Ajang RoboCup Kanada

Dia juga menjelaskan bahwa untuk membuat robot biru ini, Annisa membutuhkan sekitar 4 bulan untuk menyelesaikan pembuatan robot lengan ini.

“Robot ini adalah tugas terakhir saya sebagai salah satu persyaratan kelulusan dari Caltex Politeknik Riau. Butuh waktu lama untuk menyelesaikan robot lengan ini, mulai dari mendesain, memproduksi,” jelasnya.

Dia juga menambahkan, pergerakan robot ini masih belum tergolong halus dan bisa dikembangkan menggunakan sensor untuk memindahkan objek.

“Tantangan dalam membuat robot lengan ini adalah ketika membuat program,” tambahnya.