Apple Membuat iPad 5G Dengan Fitur Yang Dapat Dilipat, Ini Adalah Bentuk & Spesifikasi

Apple Membuat iPad 5G Dengan Fitur Yang Dapat Dilipat, Ini Adalah Bentuk & Spesifikasi

2019 harus menjadi tahun di mana smartphone telah menjadi penguasa baru di industri smartphone. Sayangnya, ini tidak terealisasi dengan baik, mengingat kegagalan besar Samsung Galaxy Fold dan ‘hilangnya’ misterius Mate X.

Namun, perjalanan lipat ponsel cerdas tidak berhenti di situ, karena Apple secara mengejutkan dilaporkan mengembangkan perangkat lipat baru. Apakah itu?

Apple Membuat iPad 5G Dengan Fitur Yang Dapat Dilipat, Ini Adalah Bentuk & Spesifikasi

Apple Membuat iPad 5G Dengan Fitur Yang Dapat Dilipat, Ini Adalah Bentuk & Spesifikasi

1. Bukan iPhone lipat tapi iPad lipat

Ini sangat menarik. Dilaporkan dari portal berita 9To5Mac, salah satu analis HIS Markit, Jeff Lin, mengklaim bahwa Apple diam-diam sedang mengembangkan perangkat lipat baru sendiri. Menariknya, ini bukan iPhone lipat, tetapi iPad lipat.

Lin mengatakan bahwa iPad lipat ini akan memiliki ukuran layar yang hampir cocok dengan MacBook. Tidak pasti apa ukurannya, tetapi mengingat iPad Pro memiliki ukuran 12,6 inci, lipatan iPad bisa 15 atau 16 inci.

2. Menjadi perangkat lipat pertama dari Apple

Satu hal menarik yang dapat diambil dari laporan Jeff Lin adalah, Apple mengambil jalan yang berbeda. Alih-alih membuat smartphone lipat, Apple justru membuat tablet favorit mereka, iPad, menjadi perangkat pertama yang bisa dilipat.

Jika Apple dapat menjalankan ini dengan benar, maka kemungkinan kegagalan seperti yang dialami Samsung dengan Galaxy Fold-nya tidak akan dibuat. Ini adalah langkah baru yang cukup mengejutkan dan layak untuk dikembangkan.

3. Akan dilengkapi dengan chip bionik A terbaru dan dukungan 5G

Beralih ke spesifikasi. Selain memiliki ukuran yang hampir setara dengan MacBook, lipatan iPad juga dikabarkan akan dilengkapi dengan chip bionik A terbaru.

Jika A12 menjadi chip terbaru dari Apple saat ini, flip iPad kemungkinan besar akan menggunakan A13 atau A14. Selain itu, lipatan iPad juga akan mendukung konektivitas 5G untuk koneksi internet yang lebih cepat. Apple sejauh ini belum secara resmi mengumumkan perangkat yang akan mendukung konektivitas 5G.

4. Mekanisme pelipatan yang dilakukan belum jelas

Terlepas dari informasi yang bocor bahwa iPad lipat akan dipersenjatai dengan chip bionik A terbaru dan dukungan 5G, mekanisme lipat yang dibawanya belum jelas. Akankah iPad lipat nanti memiliki mekanisme lipat seperti Galaxy Fold atau Mate X, itu masih merupakan misteri. Namun, mengingat bahwa Apple dikenal selalu memiliki ide cemerlang dalam menerapkan desain pada perangkatnya, flip iPad kemungkinan besar akan membawa mekanisme yang berbeda.

Jadi hanya sedikit berita tentang lipatan iPad yang kabarnya sedang dikembangkan oleh Apple. Untuk tanggal rilis, lipatan iPad dikatakan meluncur pada tahun 2020, bersama dengan beberapa model iPhone yang juga akan mendukung konektivitas 5G.

Leave a Reply